Pendapatan Musik Italia Tumbuh 18,3% Di H1, Dengan Top 10 Single Dan Album Didominasi Oleh Artis Lokal

Posted on 2022-09-05 by admin
JK Media News
...

Pendapatan musik Italia yang tercatat mencapai €153 juta pada H1 2022, menandai pertumbuhan YoY sebesar 18,3%.

Hasil pendapatan H1 itu naik €23,6 juta dari €129,4 juta yang dihasilkan pada H1 2021.

Angka-angka ini dikonfirmasi hari ini (1 September) oleh FIMI, organisasi yang mewakili industri rekaman musik Italia, dan yang anggotanya termasuk  Universal Music, Sony Music, Warner Music, dan BMG.

Salah satu sorotan terbesar dari enam bulan pertama tahun ini di pasar musik rekaman Italia adalah bahwa baik single dan album terlaris Top 10 seluruhnya terdiri dari tindakan lokal.

Berbicara kepada MBW, CEO FIMI Enzo Mazza mengatakan dominasi seniman lokal di pasar, "sebagian besar disebabkan oleh investasi yang kuat dari label ke talenta baru".

Mazza juga mencatat bahwa telah terjadi “pergeseran generasi yang kuat” selama 10 tahun terakhir, dengan usia rata-rata untuk seorang artis di sepuluh besar turun 35% dibandingkan tahun 2012. Rata-rata usia artis yang muncul di 10 Besar di Italia terakhir tahun adalah 26, dibandingkan 36 pada tahun 2012.

Di tempat lain dalam laporan FIMI, organisasi tersebut mengungkapkan bahwa pendapatan dari streaming audio berlangganan tumbuh 13,7% mencapai €76,8 juta, naik €9,3 juta dibandingkan €67,5 juta yang dihasilkan pada periode yang sama tahun lalu.

Pendapatan dari streaming audio yang didukung iklan, sementara itu, tumbuh 33,1% menjadi € 22,1 juta di H1.

Secara keseluruhan, streaming musik (termasuk audio yang didukung iklan dan berlangganan, ditambah iklan video digital) menghasilkan €118 juta di semester pertama, naik 20,8% YoY.

Penjualan vinil tumbuh 17,5% menjadi €14,7 juta di H1 versus €12,5 juta di H1 2021.

Secara keseluruhan, musik fisik memiliki pangsa 17% dari pasar musik rekaman lokal, sementara streaming menyumbang 83%.

Dominasi seniman lokal Italia di pasar H1 merupakan bagian dari tren yang muncul di Italia selama beberapa tahun terakhir.

Pada paruh pertama tahun 2021 misalnya, 13 Besar tangga album domestik Italia dan seluruh 10 Besar tangga lagu negara itu untuk Semester 1 2021  terdiri dari artis berbahasa Italia dan Italia,  menurut data FIMI/GFK.

Plus, setiap album di Top 20 chart album domestik negara itu untuk tahun penuh 2021 berasal dari artis lokal. Selain itu, Top 10 dari Singles Chart untuk tahun ini juga seluruhnya terdiri dari artis Italia.

Hasil H1 2022 hari ini mengikuti berita dari bulan Maret bahwa pendapatan musik rekaman Italia tumbuh 27,8% pada tahun 2021 mencapai $392,4 juta (€332 juta), naik €72 juta ($85 juta) dibandingkan tahun 2020, ketika pasar menghasilkan €259,89 juta ($296,3 juta) pada tahun pendapatan musik yang tercatat.

Berbicara kepada MBW, CEO FIMI Enzo Mazza mengatakan: “Italia sekarang adalah pasar terbesar keempat di Eropa dan salah satu negara teratas di dunia di mana tindakan domestik mendorong grafik.

“Ini sebagian besar disebabkan oleh investasi yang kuat dari label ke talenta baru. Selama sepuluh tahun terakhir ada pergeseran generasi yang kuat dan pada tahun 2021 usia rata-rata artis yang masuk sepuluh besar turun 35% dari tahun 2012.

”Pada tahun 2012 usia artis yang masuk sepuluh besar adalah sekitar 36 tahun dimana pada tahun 2021 turun menjadi 26 tahun.

"Ini adalah pencapaian besar dan menegaskan peran label dalam menemukan bakat baru, juga dibantu oleh skema kredit pajak Italia yang memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan kembali 30% dari investasi."