Penerbit Musik Bereaksi Terhadap Kenaikan Tarif Royalti Streaming AS

Posted on 2022-09-06 by admin
JK Media News
...

Kemarin (31 Agustus) membawa berita kemenangan bagi penulis lagu dan penerbit di AS.

Asosiasi Penerbit Musik Nasional ( NMPA ), Asosiasi Penulis Lagu Nashville Internasional (NSAI), dan organisasi perdagangan untuk layanan musik digital di AS (DiMA), menyetujui penyelesaian untuk tarif royalti streaming mekanis yang lebih tinggi di AS sebelum Hak Cipta Proses Royalty Board dikenal sebagai 'Phonorecords IV'.

Proses ini, untuk tahun 2023-2027, akan dimulai akhir tahun ini.

Ini mengikuti pertempuran hukum sebelumnya antara penerbit dan layanan streaming di AS yang dikenal sebagai 'Phonorecords III', selama lima tahun antara 2018 dan 2022, di mana CRB memutuskan untuk meningkatkan tarif royalti penulis lagu/penerbit untuk streaming dan penggunaan mekanis lainnya dari 10,5 %  hingga  15,1% .

Spotify dan berbagai platform streaming musik lainnya mengajukan banding atas keputusan itu, tetapi bulan lalu , CRB secara resmi mengamankan tingkat 15,1% untuk penerbit dan penulis lagu.

Sesuai perjanjian baru, untuk tahun 2023-2027 , tarif royalti utama akan ditetapkan sebesar 15,35%, yang menurut siaran pers yang dikeluarkan oleh NMPA , NSAI dan DIMA kemarin, akan bertahap selama jangka waktu lima tahun. .

Siaran pers menambahkan: “Kesepakatan itu juga mencakup sejumlah perubahan pada komponen tarif lainnya, termasuk peningkatan minimum per pelanggan dan Biaya Konten Total (TCC), yaitu perhitungan yang mencerminkan tarif yang dibayarkan layanan kepada label rekaman. .”

Tingkat 15,35% itu sedikit lebih tinggi dari tingkat 15,1% saat ini, tetapi lebih rendah dari 20% yang diusulkan oleh NMPA tahun lalu.

Menurut pengumuman bersama yang dikeluarkan oleh penerbit musik dan layanan digital kemarin, “Perjanjian [15,35%] ini akan memberikan tarif royalti yang lebih tinggi untuk penulis lagu dan penerbit musik, mempromosikan keberlanjutan, inovasi, dan investasi berkelanjutan untuk seluruh industri, dan mengantarkan yang baru era kolaborasi semua pihak.”

Seperti yang dicatat dalam laporan kami kemarin, proposal ini masih bisa ditolak oleh CRB jika muncul penentangan terhadap usulannya, tetapi semua pihak yang terlibat dalam proposal tersebut berharap CRB akan memberikan lampu hijau.

Penerbit musik bereaksi positif terhadap berita tersebut. Inilah yang dikatakan beberapa dari mereka:

PENERBITAN MUSIK SONY

Dalam sebuah pernyataan yang dipublikasikan di Twitter, Ketua dan CEO Penerbitan Musik Sony, Jon Platt, mengatakan: “Hari ini menandai pencapaian yang signifikan bagi komunitas penulis lagu. Penyelesaian telah dicapai dalam proses Phonorecords IV Dewan Hak Cipta AS (CRB) yang akan meningkatkan tarif yang dibayarkan oleh layanan streaming audio saja ke penerbit musik dan penulis lagu di AS selama jangka waktu lima tahun ke depan yang dimulai pada tahun 2023.

“Dengan penyelesaian ini, tarif utama akan meningkat dari 15,1% menjadi 15,35% selama lima tahun ke depan, sementara juga meningkatkan struktur tarif alternatif dengan menaikkan minimum per pelanggan, memberlakukan persyaratan yang lebih baik untuk penawaran bundel dan meningkatkan total biaya konten yang menjamin persentase dari label rekaman yang dibayarkan

“Penyelesaian ini merupakan kemenangan penting bagi penulis lagu dan komposer, yang mencerminkan upaya bertahun-tahun dan litigasi yang berjuang keras. Ini juga membawa kepastian yang lebih besar selama lima tahun ke depan karena tidak seperti persidangan, tidak ada kesempatan untuk naik banding.

“Selamat kepada semua kelompok advokasi penulis lagu yang luar biasa yang memungkinkan pencapaian ini, termasuk NSAI, SONA the 100 Percenters dan BMAC.

“Meskipun masih banyak yang harus dilakukan dalam perjuangan untuk mendapatkan bayaran dan pengakuan penulis lagu yang lebih baik, hari ini menandai tonggak sejarah industri yang penting. Saya berharap dapat bekerja sama saat kami terus meningkatkan nilai penulis lagu di seluruh bisnis. Di atas segalanya – saya ingin mengucapkan terima kasih, matahari terbit SMP dan komposer. Terima kasih atas kerjasama dan kerjasamanya.”

GRUP PENERBITAN MUSIK UNIVERSAL

Jody Gerson, Universal Music Publishing Group, Ketua dan CEO, mengatakan: “Kami menyambut baik pengumuman hari ini yang akan melihat peningkatan tarif royalti mekanis sebesar 15,35% yang dibayarkan kepada penulis lagu di Amerika Serikat dari tahun 2023 hingga 2027.

“Ini adalah hasil dari upaya kolaboratif yang panjang oleh NMPA, NSAI, anggota tim kami dan dari seluruh komunitas penulis lagu yang lebih luas di AS untuk memastikan pengakuan dan pembayaran yang adil bagi para penulis kami.

“Setelah bekerja sama secara kolektif sebagai industri untuk mengamankan peningkatan tetap dalam kasus Phonorecords III bulan lalu, kami berterima kasih atas kemitraan kami yang baru diperkuat dengan DSP, yang akan membantu mengenali nilai yang dibawa oleh penulis lagu ke dunia, baik sekarang maupun di masa depan. masa depan."

Dalam sebuah pesan yang diposting ke media sosial, Warner Chappell Music mengatakan kepada penulis lagunya: “Anda bergabung dengan kami dalam pertarungan ini, dan kami tidak akan berada di sini jika bukan karena Anda. Meskipun akan selalu ada lebih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk memastikan Anda mendapatkan bayaran yang layak Anda dapatkan, kami optimis tentang masa depan.

“Hari ini, setelah berbulan-bulan negosiasi, NMPA dan NSAI atas nama semua penulis lagu dan penerbit mencapai kesepakatan dengan layanan streaming untuk menetapkan tarif royalti tertinggi dalam sejarah streaming di mana pun di dunia.

MUSIK WARNER CHAPPELL

Penyelesaian ini juga akan meningkatkan struktur tarif alternatif dengan menaikkan minimum per pelanggan, memberikan persyaratan yang lebih baik untuk bundel produk musik dengan penawaran lain dan meningkatkan hak lagu yang dibayarkan sebagai persentase dari total biaya konten (TCC), yaitu label rekaman apa yang dibayar. .

“Sementara masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan, ini adalah momen penting dan bersejarah dalam perjuangan berkelanjutan untuk kompensasi penulis lagu yang adil.”

LAGU HIPGNOSIS

Merck Mercuriadis , pendiri dan CEO Hipgnosis Songs, mengatakan: “Saya ingin mengucapkan selamat kepada David dan Bart dan tim mereka masing-masing di NMPA dan NSAI.

“Hipgnosis telah berjuang dan mengadvokasi penulis lagu untuk setiap hari keberadaannya. Itulah alasan saya memulai perusahaan.

“Penulis lagu yang memenangkan banding CRB III adalah langkah yang sangat penting tetapi itu adalah hal positif yang tidak sempurna. Apa yang telah dicapai dengan hasil CRB IV ini meningkat secara dramatis dan memberikan stabilitas kepada Penulis Lagu selama 5 tahun ke depan tanpa argumen atau ketakutan akan banding dengan tarif tertinggi yang pernah dibayarkan di era streaming. Untuk itu layanan streaming, DIMA dan Garrett Levin juga patut diacungi jempol. 

MERCK MERCURIADIS, LAGU HIPGNOSIS

Menambahkan Mercuriadis: “Ini adalah langkah penting lainnya untuk akhirnya mengakui bahwa Penulis Lagu dan Lagu adalah komponen terpenting dalam industri musik.

“Saya selalu percaya bahwa untuk mendapatkan Penulis Lagu di mana mereka benar-benar layak berada dalam persamaan ekonomi, kita harus keluar dari undang-undang dan melakukan negosiasi pasar bebas yang tepat dengan perusahaan musik rekaman dan layanan streaming. Mereka adalah tempat terbaik untuk mengakui dan menghargai kontribusi luar biasa dari Penulis Lagu karena tanpa mereka bisnis mereka tidak akan ada.

“Latar belakang stabilitas untuk 5 tahun ke depan yang diberikan oleh apa yang telah dicapai dengan CRB IV akan memungkinkan kami untuk memastikan bahwa ke depan tidak ada diskusi yang akan terjadi lagi yang menentukan bagaimana Penulis Lagu dibayar tanpa Penulis Lagu di meja mengekspresikan pandangan konsensus dan tuntutan komunitas Penulis Lagu bersama NMPA, NSAI, DIMA, Spotify, Apple , Universal, Sony , Warner , BMG et al.”

MUSIK KOBALT

Dalam pernyataan yang dipublikasikan di media sosial, Kobalt Music mengatakan: “Sejak hari pertama, kami mendukung transparansi dan kompensasi yang adil bagi penulis lagu, dan merangkul transformasi digital industri musik.

"Penyelesaian hari ini adalah hari bersejarah bagi penulis lagu, mengamankan tingkat penguapan tertinggi di dunia, dan kemenangan untuk semua."