Temui Musisi, Jokowi Ingin Industri Musik Maju

Posted on 2022-09-04 by admin
JK Media News
...

Sejumlah musisi tanah air menemui Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta. Jokowi mengatakan pemerintah saat ini tengah merancang strategi mengembangkan kebudayaan di masa depan.

Khususnya, kata dia, di bidang industri musik. Jokowi mengaku ingin ada kemajuan industri musik tanah air di masa yang akan datang.

"Ini ada visi misalnya 2050, ada 2060 ini sudah mulai dirancang sejak dari sekarang. Jadi lima tahun pertama yang akan kita kerjakan itu lebih fokus," kata Jokowi di kantor Presiden.

Sementara, para musisi melaporkan hasil Konferensi Musik Indonesia (KAMI) yang digelar di Ambon, Maluku, kepada Jokowi.

"Ada tiga hal yang kita bahas. Pertama, musik dari aspek ekonomi. Kemudian Musik dari aspek pendidikan. Dan yang ketiga dalam aspek ketahanan kebudayaan," kata perwakilan para musisi, Glenn Fredly.

Glenn mengatakan ada sejumlah hal yang dihasilkan dari KAMI. Yang pertama, kata Glenn, adalah tentang tata kelola musik di Indonesia.

"Jujur selama 50 tahun lebih musik ini berjalan, karena yang terlewat adalah pengelolaan dan perlindungan. Dan itu sebabnya menjadi hal signifikan untuk dibahas, apalagi musik di era digital," ungkap Glenn yang juga penggagas dan ketua komite KAMI.

Kemudian yang kedua, Glenn menambahkan, dalam acara KAMI itu para musisi juga membahas tentang kebudayaan dan pariwisata. "Kemudian musik ada hubungannya dengan lingkungan hidup," tambah Glenn.

Yang terakhir, Glenn mengatakan para musisi menginginkan musik sebagai alat pemersatu bangsa dan juga kampanye antikorupsi.

"Dan konfrensi ini akan dibuat tahunan. Recananya tahun depan akan di Ambon, karena Ambon menuju kota musik dunia. Dan akan mengundang negara-negara Asia Pasifik," terang Glenn.